Share

Minggu, 31 Juli 2011

[Tutorial] Mengubah Background Image LogOn Screen di Windows 7

Anda bosan dengan background image di logon screen bawaan dari sistem operasi Windows 7 dan ingin menggantinya dengan gambar yang Anda sukai? Anda bisa mengubah background image tersebut hanya dengan mengubah sebuah entri di registry dan mengkopi sebuah file wallpaper ke tempat tertentu di partisi sistem operasi. Kami akan menunjukkan langkah demi langkah cara melakukannya dalam artikel ini.

Catatan: Bila Anda tidak terbiasa bermain-main dengan registry, harap berhati-hati agar tidak mengubah entry registry yang tidak seharusnya diubah. JagatReview tidak bertanggung jawab atas kemungkinan adanya permasalahan yang mungkin terjadi karena kesalahan pengubahan registry.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah sebuah entri di registry Windows 7. Entry registry tersebut sebenarnya disediakan untuk mempermudah produsen komputer branded dalam memasang background image mereka pada produk-produk yang dijual.

undefined
  Buka "Registry Editor" dengan mengetikkan "regedit" pada jendela "Run".


                                            Tampilan awal "Registry Editor" di Windows 7.

Setelah jendela “Registry Editor” terbuka, di kolom kiri arahkan editor ke “HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Authentication\LogonUI\Background\”. Setelah membuka “Background”, beralihlah ke kolom kanan. Bila Anda menemukan entry “OEMBackground”, ubah nilainya ke “1″ dengan melakukan klik ganda pada entry tersebut dan memasukkan nilai “1″ (tanpa tanda kutip) pada dialog yang muncul.


 Bila entry “OEMBackground” belum tersedia, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan cara melakukan klik kanan di area kolom kanan, kemudian memilih “New”, “DWORD (32-bit) Value”, kemudian mengetikkan nama dari entry tersebut. Catatan: perhatikan penulisan huruf besar dan kecil pada nama DWORD (32-bit) Value tersebut.

Langkah berikutnya, siapkan gambar yang akan digunakan sebagai pengganti background image bawaan sistem operasi Windows 7. Gambar yang disiapkan sebaiknya memiliki aspek rasio yang sama dengan monitor yang Anda gunakan. Selain itu, pastikan gambar tersebut berformat JPEG dan berukuran tidak lebih dari 256 KB.

Kemudian, kopi gambar tersebut ke folder “%windir%\system32\oobe\info\backgrounds”. Anda mungkin tidak menemukan folder “info” dan “backgrounds”. Jangan khawatir, Anda bisa membuatnya sendiri. Catatan: ganti “%windir%” dengan alamat drive tempat sistem operasi Windows 7 terinstall.


 Langkah terakhir, ubah nama file gambar tersebut menjadi “backgroundDefault” dengan ekstensi “.jpg”.

Setelah langkah-langkah tersebut selesai Anda jalankan, coba restart komputer Anda dan lihat perubahan yang terjadi di Logon Screen Anda!



0 komentar:

Posting Komentar