Share

Rabu, 06 Juli 2011

Notebook HP dm1-3016AU: Desain Casing Menarik dengan Daya Tahan Baterai Tinggi



Beberapa waktu lalu, AMD meluncurkan sebuah seri prosesor terbaru yang disebut Fusion. Selang beberapa saat kemudian, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba beberapa perangkat yang telah dipersenjatai dengan seri prosesor tersebut, diantaranya adalah Ontario dan Zacate. Dari hasil pengujian yang dilakukan, kami menyimpulkan kalau notebook yang dilengkapi prosesor tersebut mampu mengalami peningkatan kinerja. Selain itu, prosesor ini sukses memberikan penghematan daya yang baik. Tidak kalah pentingnya, seri prosesor Fusion ini mengizinkan para vendor untuk membuat sebuah produk notebook dengan harga yang terjangkau.
Kali ini, kami kembali kedatangan sebuah notebook yang dilengkapi dengan prosesor AMD Fusion. Notebook tersebut adalah HP dm1-3016AU. Notebook ini mempunyai desain yang sangat menarik dan menawan. Penutup layar LCD menggunakan finishing hitam doff dengan motif  lingkaran yang saling menempel sehingga membentuk sebuah motif yang cukup menarik, setidaknya menurut kami. Selain itu, terdapat lambang HP berwarna silver doff di bagian bawah kanannya. Selain warna hitam dengan motif tersebut, bagian casing lainnya didominasi warna silver doff yang terlihat sangat kontras. Dimensi HP dm1-3016AU berukuran sedang karena menggunakan layar sebesar 11.6″ dan mempunyai ketebalan yang menurut kami sangat tipis. Kedua hal tersebut membuat notebook ini terasa sangat ringan dan menyenangkan untuk dibawa-bawa.
HP dm1-3016AU menggunakan salah satu anggota prosesor AMD Fusion, yaitu Zacate tipe E350 dengan kecepatan 1.6GHz. Selain itu, notebook ini juga dilengkapi dengan memori DDR3 SODIMM sebesar 2 GB yang akan memberikan tenaga bagi notebook ini untuk menjalankan berbagai aplikasi. Graphics card yang digunakan adalah AMD Radeon HD6310 yang terintegrasi ke prosesor AMD Zacate. Menurut hasil yang sudah-sudah, graphics card AMD Radeon ini memang tidakcukup kuat untuk menjalankan game 3D terkini. Namun GPU yang ada dapat menjalankan Paralel processing (APP) yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat pekerjaan Anda, seperti transcoding dan memutar film HD1080 dengan bantuan GPU tanpa masalah sama sekali. Kapasitas penyimpanan data tidaklah terlalu besar karena HP dm1-3016AU hanya dilengkapi hard disk sebesar 320 GB.

Kelengkapan

Tampak depan.
Tampak belakang.
Port POWER, HDMI, dan USB2.0.
Card reader, audio in/out, USB2.0, dan D-Sub.
Tampak bawah. Sulit untuk melakukan praktek upgrade sendiri karena notebook ini tidak dilengkapi modul penutup terpisah. Anda harus upgrade ke dealer resmi untuk mengupgrade notebook ini.
Port konektivitas yang diberikan di HP dm1-3016AU bisa tergolong biasa saja. Anda tidak akan menemukan port yang menarik kecuali HDMI yang cukup berguna untuk menjadikan notebook ini sebagai media player portable yang akan menghibur Anda dengan konten film HD1080P. Tata suara yang dihasilkan oleh speaker AltecLansing yang berada di depan notebook termasuk baik, walaupun suara bass yang dihasilkan tidaklah terlalu terasa. Penempatan speaker di bagian depan membuat desain casing ini menjadi sangat menarik dengan lubang suara di depannya.
Speaker AltecLansing di bagian depan.
Untuk keyboard, HP dm1-3016AU menggunakan desain tuts chicklet yang cukup ergonomis. Kami terpesona dengan bagian dalam dari notebook ini karena telah menggunakan finishing silver doff di bagian handrest. Sekeliling keyboard dan trackpadnya menggunakan finishing berwarna hitam doff yang menurut kami, perpaduan warna itu sangat kontras dan menarik. Bagian atas keyboard kami tidak menemukan tombol apapun kecuali tombol power di kiri atas. Ketika kami menggunakan notebook ini untuk beberapa lama, keyboard yang terpasang terasa nyaman dan empuk serta fungsi click kiri dan kanan juga tidak menimbulkan suara dan empuk ketika di tekan.
Keyboard dengan desain tuts chicklet.
Kinerja

SysMark 2007

Kinerja yang ditawarkan oleh AMD Zacate E350 yang diberikan cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi menengah dan bawah dengan cukup lancar. Prosesor yang terpasang pada HP dm1-3016AU memang tidak sekencang notebook yang kami terima sebelumnya.

MobileMark 2007

Daya tahan baterai yang didapat di HP dm1-3016AU tergolong baik. Baru kali ini kami mendapatkan notebook HD dengan daya tahan baterai setinggi ini. Dengan daya tahan hidup selama ini, HP dm1-3016AU sangat direkomendasikan untuk Anda seorang road warrior. Selain bentuknya yang ringan dan simple, notebook ini mempunyai daya tahan hidup yang tinggi.

Transcoding

Media Converter 7 membuat kami dapat menggunakan GPU untuk membantu proses transcoding ini. Dengan hasil tersebut Anda dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan cukup cepat di notebook dengan prosesor AMD E350.

Kinerja ATI Radeon HD6310M

Kinerja graphics on prosesor yang digunakan tidak memungkinkan notebook ini untuk memainkan game 3D dengan baik. Berdasarkan hasil benchmark 3D Mark 2006, yaitu di bawah angka 3000, sudah terlihat jelas kalau graphics yang ada tidak dapat digunakan untuk memainkan game 3D dengan FPS di atas 30, bahkan dengan setting-an dan resolusi terendah sekalipun. Namun, game-game arcade masih dapat berjalan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar